PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP MELALUI PBM, MBS, ESKUL (Powerpoint)


Salam Edukasi.. !!

Pendidikan Karakter SMP Melalui PBM, MBS dan Eskul (Powerpoint) ||  Pendidikan Karakter sering digembar-gemborkan melalui berbagai media cetak, elektronik maupun lewat media sosial lainnya, lalu yang menjadi pertanyaan buat kita semua adalah : Apakah yang dimaksud dengan Pendidikan Karakter itu ?
    Berpijak dari  contoh pertanyaan tersebut, pada kesempatan yang baik lewat materi postingan kali ini admin mencoba memberikan pencerahan yang mungkin dapat memperjelas sekaligus menjawab pertanyaan tersebut di atas.

    PENGERTIAN :
    Pendidikan Karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukan bagi generisi selanjutnya. yang mempunyai tujuan untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemapuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik. (Doni Kusuma A.2007. Pendidikan Karakter jakarta : Grasindo.3-5)

    Menurut Para Ahli :
    1. Thomas Lickona
    Pendidikan Karakter adalah sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Tetapi untuk pengertian yang tepat, dapat dikemukaan di sini bahwa Pendidikan Karakter menurut Thomas Lickona menyatakan bahwa pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.

    2. Pendidikan Karakter menurut Suyanto (2009)
    Suyanto mendefinisikan karakter sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun negara.

    3. Pendidikan Karakter Menurut Kertajaya 
    Karakter adalah ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu. Ciri khas tersebut adalah asli dan mengakar pada kepribadian benda atau individu tersebut, serta merupakan "mesin" yang mendorong bagaimana Seorang bertindak. bersikap, berucap, dan merespon sesuatu (Kertajaya, 2010)

    Baiklah setelah anda semua mengerti tentang definisi Pendidikan Karakter yang sudah admin uraikan di atas, berikut admin sampaikan juga penerapan Pendidikan Karakter pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui bidang kegiatan antara lain sebagai berikut :

    • Pendidikan Karakter di SMP melalui kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM)
    • Pendidikan Karakter di SMP melalui kegiatan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan
    • Pendidikan Karakter di SMP melalui kegiatan Ekstra Kurikuler (ESKUL)

    Materi Pendidikan Karakter SMP melalui PBM, MBS dan ESKUL yang admin postingkan kali ini adalah materi dalam format file POWERPOINT dan dapat di unduh melalui link download dibawah ini :
    1. Pendidikan Karakter SMP melalui PBM >> (DOWNLOAD)
    2. Pendidikan Karakter SMP melalui MBS >> (DOWNLOAD)
    3. Pendidikan Karakter SMP melalui ESKUL >>  (DOWNLOAD)
    Demikian yang bisa admin sampaikan tentan Pendidikan Karakter SMP melalui PBM, MBS, dan ESKUL, semoga bermanfaat dan terima kasih.