Beberapa Media Pembelajaran Matematika


Media Pembelajaran Matematika adalah sebuah sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika yang biasa dipergunakan oleh guru saat mengajar. Media pembelajaran khususnya matematika akan sangat berguna sekali bagi guru dan siswa saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Tanpa media pembelajaran mungkin pelajaran matematika akan sangat menjenuhkan bagi siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas. Salah satu contoh nyata, banyak kejadian seorang siswa yang enggan untuk masuk ke kelas saat pembelajaran matematika berlangsung. Alasan mereka ternyata sangat sederhana, hanya karena pembelajaran matematika yang mereka terima dari gurunya itu sering membuat ngantuk saat belajar.


Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa antara teori dan media pembelajaran sangatlah erat kaitannya, apalagi kalau jauh-jauh mengaitkannya dengan relevansi kesuksesan dalam proses belajar mengajar. Untuk guru dan siswa pada khususnya, terkadang pembelajaran matematika yang mereka laksanakan di kelas tidak berdampak apa-apa terhadap kemajuan siswa dalam belajar, kenapa itu bisa terjadi? mungkin karena cara mengemas pembelajarannya kurang menarik.

Anda mungkin bisa membayangkan ketika masih dibangku sekolah, terkadang anda sering merasa jenuh ketika guru yang  mengajar mtematika cara mengajarya begitu-gitu saja. Pasti dalam angan anda akan berpikir dan menginginkan pembelajaran khususnya pembelajaran matematika itu menggunakan sebuah media pembelajaran.

Sekarang ini banyak sekali media pembelajaran matematika yang bisa digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajarannya. Charta, Powerpoint, bahkan video, akan menjadi media pembelajaran matematika yang unik dan menarik.


Mulai dari sekarang mungkin guru matematika harus lebih pandai memilih media pembelajaran yang bisa menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Memang tidak mudah untuk memilih media pembelajaran untuk pelajaran matematika, tapi setidaknya kita wajib berusaha, mencari, hingga menemukan media pembelajaran yang cocok dan berguna bagi semua (Guru dan siswa).

Media pembelajaran sekarang bukan hal yang sulit untuk didapatkan karena banyak sekali situs yang menyediakan berbagai media pembelajaran matematika mulai dari media belajar matematika untuk sd, smp, bahkan SMA. Tanpa repot-repot anda hanya tinggal browsing, maka semua bentuk media pembelajaran untuk pelajaran matematika semuanya tersedia dengan praktis dan lengkap.

Beberapa kumpulan media pembelajaran matematika dapat diunduh pada link di bawah ini :

1. Media pembelajaran barisan dan deret Matematika
2. Media Pembelajaran himpunan dan determinan Matematika
3. Media Pembelajaran Hukum letak data berkelompok Matematika
4. Media Pembelajaran Jarak titik irisan penampang Matematika
5. Media Pembelajaran perkalian silang 2 vektor Matematika
6. Media Pembelajaran Kombinasi Matematika
7. Media Pembelajaran Lingkaran Matematika
8. Media Pembelajaran Matrik Matematika
9. Media Pembelajaran Matrik contoh Matematika
10. Media Pembelajaran Penerapan hukum data berkelompok Matematika
11. Media Pembelajaran Persamaan garis singgung lingkaran Matematika
12. Media Pembelajaran Persamaan kuadrat Matematika
13. Media Pembelajaran Sinus Cosinus Matematika
14. Media Pembelajaran Sistem Persamaan Linier dua variabel Matematika

Semoga kumpulan media pembelajaran ini bisa dijadikan media belajar untuk guru dan siswa, serta berguna bagi semua orang yang sedang membutuhkan. Sekian.